Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Published Maret 14, 2013 by nidadurrotulhikmah

Ada beberapa kiat tips jaga kesehatan badan kita diantaranya yaitu dengan :

  1. Istirahat yang cukup. Istirahat tidur ini dalam artian kita harus mengatur waktu tidur secara proporsional dalam rangka untuk mengistirahatkan kerja organ dan fisik kita, agar sel-sel dalam tubuh kita bisa memperbaiki diri dan juga membangun sel yang rusak.
  2. Berolah raga secara teratur. Bila kita disibukkan dengan pekerjaan kita serta rutinitas kegiatan keseharian kita maka sempatkanlah sedikit waktu untuk melakukan olahraga ringan misalnya dengan jalan santai atau pun menggerakkan tubuh untuk peregangan. Idealnya adalah dalam seminggu bisa dilakukan 2-3 kali dengan waktu kurang lebih 30 menit. Tetapi dilakukan secara rutin pula.
  3. Memperhatikan kebersihan makanan yang kita konsumsi. Kebersihan dan higienitas makanan yang sehari-hari kita dan keluarga kita konsumsi harus dijaga. Selanjutnya adalah masalah kuantitas makan kita. Porsi makan kita juga tidak boleh berlebihan sampai membuat kita kekenyangan. Bukankah Rasulullah shallallahu a’alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita bahwasannya kita makan setelah merasakan lapar dan berhenti sebelum kenyang. Sebuah falsafah yang dalam dunia kesehatan diakui dan dibuktikan bahwa hal tersebut menyehatkan badan tubuh kita.
  4. Mencukupi kebutuhan makanan berserat setiap harinya. Makanan yang tinggi serat dibutuhkan tubuh dalam hal mempermudah proses pencernaan. Konsumsi tinggi serat ini dapat kita temui dalam buah-buahan. Selain hal tersebut kebutuhan tubuh akan vitamin juga harus bisa terpenuhi. Kebutuhan vitamin C dan D sangat mendukung kita dalam proses memelihara kesehatan badan kita. Manfaat vitamian dalam hal ini vitamin D bermanfaat untuk menstimulasi sel imun yang berguna menangkal serangan virus / bakteri. Itu adalah salah satu manfaat vitamin D. Sumber vitamin D dapat kita jumpai dari berbagai bahan makanan seperti halnya telur, hati dan juga ikan yang akan diurai melalui sinar matahari pagi. Manfaat vitamin C adalah meningkatkan daya tahan tubuh kita pula. Sumber vitamin C dapat kita jumpai dari buah-buahan pula contohnya buah jeruk.
  5. Berfikir positif. Hubungan tubuh dan pikiran tidak bisa dipisahkan. Hubungannya adalah bila kita melakukan cara menjaga stamina tubuh dan tubuh kita juga sehat maka akan memberikan efek positif pada pikiran pula. Berpikir positif juga sebaiknya kita lakukan ketika kita sedang ada dalam masalah. Rasa optimis dan istilah never give up sebuah kata yang saya ingat terus dari sahabat Denaihati bila kita sedang ada dalam suatu masalah maka energi positif yang melindungi kita akan memberikan daya kesehatan tersendiri. Contohnya bila tubuh kita sedang stres, maka pada keadaan seperti ini tubuh akan mudah terserang virus atau pun bakteri dibandingkan dengan kondisi orang yang tidak dalam keadaan stres.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 896 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: